Madani Institute Hadirkan Pakar Pemikiran Islam di Orasi Awal Tahun

0
58

MAKASSAR – Madani Institute (Center For Islamic Studies) mengadakan kegiatan Orasi Awal Tahun yg bertempat di Aula FEIB Unhas dengan mengangkat tema “Strategi Mewujudkan Masyarakat Madani”. Sabtu, (18/01/2020).

Orasi awal tahun Madani Institute mendatangkan salah satu pakar pemikiran Islam Nasional, Dr. Nirwan Syafrin Manurung M.I.R.K.H.

Diawal orasinya Dr. Nirwan mengatakan bahwa umat Islam sekarang belum bisa dikatakan sebagai kategori masyarakat Madani dikarenakan belum adanya data terkait kontribusi umat Islam khususnya dalam bidang sains dan ekonomi.

“Terwujudnya masyarakat Madani dibutuhkan keseriusan, karena data kontribusi sains dan ekonomi, umat Islam masih jauh dari negara-negara sekuler,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wakil Rektor 4 UIKA Bogor ini menambahkan terkait perbedaan antara konsep civil society yg ada di Barat dengan konsep masyarakat Madani dalam Islam.

“Masyarakat Madani memiliki konsep yang berbeda secara mendasar dengan civil society di Barat. Masyarakat Madani adalah masyarakat yang dibangun di atas diin yang telah diamalkan oleh penghuni kotanya,” tegasnya.

Diakhir acara orasi awal tahun Madani Institute dibuka sesi pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan oleh beberapa peserta khususnya terkait peran pemuda dan aktivis Islam dalam memberikan kontribusi demi mewujudkan masyarakat Madani.

Laporan: Humas Madani Institute

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here