Madani Institute Adakan Talkshow For Teens dan Tips Meraih Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

0
128

MAKASSAR – Madani Institute (Center For Islamic Studies) mengadakan Talkshow For Teens, Kiat Sukses di Usia Muda yang dilaksanakan via daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting pada Sabtu (6/6/2020).

Kegiatan Talkshow For Teens ini menghadirkan Bupati Takalar sebagai Keynote Speaker Syamsari Kitta, S.Pt., M.M dan narasumber Rahmat Aris seorang Mahasiswa Penerima Beasiswa Rusia, Arab Saudi dan Italia.

Syamsari Kitta diawal materinya menyampaikan tujuan menuntut ilmu, dan cara padang menuntut ilmu dan meraih kesuksesan. Setiap generasi muslim harus tampil menjadi orang yang profesional dan ahli dibidangnya masing-masing.

“Tujuan kita menuntut ilmu bukan hanya sukses didunia tapi juga sukses diakhirat. Kita berharap agar menjadi pemuda muslim yang expert dibidang kita masing-masing sebagai bentuk kontribusi kita kepada bangsa kita,” ujarnya saat menyampaikan materinya via daring.

Tokoh cendekia sulsel dan Bupati Takalar tersebut berharap agar kegiatan seperti menjadi wadah butuh melatih keterampilan para siswa secara profesional agar mampu bersaing diluar sana secara global.

“Kita harap dengan kegiatan ini, pemuda takalar pada khusunya dan Indonesia pada umumnya bisa bersaing secara global,” harapnya.

Rahmat Aris dalam paparan materinya menyampaikan tips-tips kepada peserta agar bisa kuliah di luar negeri dengan meraih beasiswa.

“Untuk memilih jurusan, kenali dirimu! Sesuaikan dengan passion dan keinginanmu. Jangan ikut-ikutan sama teman. Rajin cari informasi tentang jurusanmu. Peluang kerja dan biayanya berapa?,” ungkapnya.

Mahasiswa Penerima Beasiswa di beberpa negara tersebut melanjutkan materinya dengan sharing kiat-kiat memilih kampus sebagai tempat tujuan kuliah.

“Cari informasi selengkap-lengkapnya, urutkan prioritas kampus idamanmu, lertimbangkan lokasinya, fasilitas kampus, daya tampung, biaya kuliah,” lanjutnya.

Adapun untuk meraih beasiswa untuk kuliah di luar negeri, Rahmat Aris menyampaikan beberapa syarat untuk mendapatkannya.

“Rajin mencari informasi beasiswa, perbanyak jaringan, kenali jenis beasiswanya, persiapkan diri sedini mungkin (Ekstrakulikuler, Personal statement, dll), belajar bahasa asing , daftar banyak beasiswa, berdo’a dan perbaiki niat,” tegasnya.

Laporan: Muhammad Akbar
(Humas Madani Institute)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here